Sabtu, 09 Januari 2010

Lingkungan Visual Basic

Layar Visual Basic adalah suatu lingkungan besar yang terdiri dari beberapa bagian-bagian kecil yang kesemuanya memiliki sifat:
• Floating: dapat digeser-geser ke posisi mana saja. untuk menggeser elemen layar Visual Basic, klik dan tahan tombol mouse pada judul (Title Bar) elemen tersebut, lalu geserlah ke tempat yang diinginkan.
• Sizable: dapat diubah-ubah ukurannya, seperti Anda mengubah ukuran jendela Windows. Untuk mengubah ukuran suatu elemen atau jendela, klik dan tahan tombol mouse pada sisi (border) jendela tersebut, lalu geserlah hingga ke ukuran yang diinginkan.
• Dockable: dapat menempel dengan bagian lain yang berdekatan. Untuk menempelkan elemen layar Visual Basic ke elemen lainnya, cukup tempelkan sisi-sisi elemen tersebut, dan secara otomatis akan menempel ke tempat yang Anda inginkan.
Anda dapat memindah-mindahkan, menggeser, memperbesar, atau memperkecil ukuran setiap komponen layar Visual Basic sama seperti Anda memanipulasi jendela Windows. Komponen-komponen dari lingkungan Visual Basic tersebut dapat Anda pelajari pada pembahasan berikut.

1.1 Control Menu

Control Menu adalah menu yang digunakan terutama untuk memanipulasi jendela Visual Basic. Dari menu ini Anda bisa mengubah ukuran, memindahkan, atau menutupi jendela Visual Basic atau jendela Windows lainnya.
Untuk mengaktifkan Control Menu ini, klik tombol mouse pada pojok kiri atas jendela. Berikutnya akan muncul menu Control Menu, di mana Anda bisa memilh salah satu dari perintah ini:
• Restore : mengubah ukuran jendela ke ukuran sebelumnya
• Move : untuk memindahkan letak jendela
• Size : untuk mengubah ukuran jendela
• Minimize : untuk meminimalkan ukuran jendela
• Maximize : untuk memaksimalkan ukutan jendela
• Close : untuk menutup jendela

1.2 Menu

Menu Visual Basic berisi semua perintah Visual Basic yang dapat Anda Pilih untuk melakukan tugas tertentu. Isi dari dari menu ini sebagian hampir sama dengan program-program Windows pada umumnya. Untuk memilih menu, caranya juga sama dengan program Windows lainnya:
--> Dengan Mouse
• Klik Mouse pada menu dan submenu.
--> Dengan Keyboard
• Tekan Alt dan karakter bergaris bawah untuk memilih menu. Misalnya Alt+F untuk membuka menu File.
• Beberapa perintah juga memiliki shortcut (tombol cepat), seperti misalnya Ctrl+N untuk membuat proyek baru dan sebagainya
1.3 Toolbar

Toolbar adalah tombol-tombol yang mewakili suatu perintah tertentu dari Visual Basic. Setiap tombol tersebut dapat langsung diklik untuk melakukan perintah tertentu. Biasanya tombol-tombol ini merupakan perintah-perintah yang sering digunakan dan terdapat pula pada menu Visual Basic. sebagai contoh, daripada memilih perntah Edit > Copy dari menu, Anda bisa langsung mengklik tombol Copy.
Toolbar yang umum adalah toolbar standard. Pada Visual Basic 6, terdapat berbagai toolbar yang ada, pilih menu View > Toolbars. Kegunaan masing - masing tombol pada toolbar standard Visual Basic dapat anda lihat pada keterangan di bawah.


-> Add Project.

Menambahkan proyek ke dalam proyek yang sudah ada


-> Add Item

Menambahkan komponen atau objek ke dalam jendela form


-> Menu Editor

Menampilkan Menu Editor untuk mengubah tampilan menu


-> Open Project

Membuka proyek Visual Basic yang sudah ada


->Save Project

Menyimpan proyek Visual Basic pada komputer Anda



-> Cut

Memotong elemen yang dipilih pada layar



-> Copy

Meng-copy elemen yang dipilih pada layar



-> Paste

menyalin elemen yang sebelumnya sudah dipotong (Cut) atau disalin (Copy)



-> Find

Mencari teks tertentu


-> Undo

Membatalkan perintah atau tindakan yang terakhir


-> Redo

Mengulangi perintah atau tindakan terakhir yang dibatalkan


-> Start

Menjalankan proyek yang dibuat pada Visual Basic


-> Break

Menghentikan running program untuk sementara


-> End

Menghentikan running program



-> Project Explorer

Menampilkan jendela Project Explorer



-> Properties Window

Menampilkan jendela Properties


-> Form Layout Window

Menampilkan jendela Form Layout Window


-> Object Browser

Menampilkan jendela Object Browser


->Toolbox

Menampilkan jendela Toolbox


-> Data View Window

Menampilkan jendela Data View Window


-> Visual Component Manager

Menampilkan jendela Visual Component Manager



1.4 Form Window

Form Window atau jendela form adalah daerah kerja utama, di mana Anda akan membuat program-program aplikasi Visual Basic. Pada form ini, Anda akan meletakkan berbagai macam objek interaktif seperti misalnya teks, gambar, tombol-tombol perintah, scroolbar, dan sebagainya. Jendela Form ini pada awalnya kelihatan kecil, tetapi ukurannya bisa diubah-ubah sesuai dengan kebutuhan aplikasi Anda.
Apabila program aplikasi Anda dijalankan, semua yang terdapat di dalam Form akan ditampilkan pada layar Window. Jendela Form inilah ang nantinya akan menjadi latar belakang dari aplikasi Anda. Anda mulai bekerja dengan jendela Form yang kosong, kemudian ditambahi dengan berbagai objek yang akhirnya akan membentuk aplikasi Visual Basic yang lengkap.

1.5 Toolbox

Toolbox adalah seuah "kotak piranti" yang mengandung semua objek atau kontrol yang dibutuhkan untuk membentuk suatu program aplikasi. Kontrol adalah suatu obyek yang akan menjadi interface (penghubung) antara program-program aplikasi dan usernya, dan kesemuanya harus diletakkan di dalam jendela Form di atas.
Apabila Anda pertama kali menjalankan Visual Basic, maka Toolbox akan ditampilkan di sebelah kiri layar dan berisi objek-objek standar yang akan selalu muncul setiap kali Anda menjalankan Visual Basic. Objek (Kontrol) ini terdapat pada semua versi dari Visual Basic 6. Anda juga bisa menambahi objek pada Toolbox ini dengan memilih menu Project>Components. Jika Anda menggunakan Visual Basic versi Professional Edition, atau Enterprise Edition, ada beberapa objek lain yang bisa ditambahkan yang tidak terdapat pada Standard Edition.

1.6 Project Explorer
Jendela Project Explorer adalah jendela yang mengandung semua file di dalam aplikasi Visual Basic Anda. Setiap aplikasi dalam Visual Basic disebut dengan istilah project (proyek), dan setiap proyek bisa mengandung lebih dari satu file. Pada Project Explorer ditampilkan semua file yang terdapat pada aplikasi (proyek) Anda, misalnya form, modul, class, dan sebagainya.

1.7 Jendela Properties
Jendela Properties adalah jendela yang mengandung semua informasi mengenai objek yang terdapat pada aplikasi Visual Basic Anda. Properti adalah sifat dari sebuah objek, misalnya seperti namanya, warna, ukuran, posisi, dan sebagainya. Setiap objek sebagian besar memiliki jenis properti yang sama, tetapi ada pula yang berbeda-beda.
Anda akan mengatur bentuk dan karakteristik dari setiap objek melalui jendela Properties ini. Di bagian paling atas dari jendela Properties ini terdapat kotak yang kenunjukkan nama objek yang sedang aktif, sedang propertinya ditampilkan di bagian bawah dari jendela properties tersebut.

1.8 Form Layout Window
Form Layout Window adalah jendela yang menggambarkan posisi dari form yang ditampilkan pada layar monitor. Posisi form pada Form Layout inilah yang merupakan petunjuk di mana aplikasi Anda akan ditampilkan pada layar monitor saat dijalankan nanti.
Jika Anda ingin memindahkan form ke posisi lain pada layar, geser saja gambar form tersebut pada jendela Form Layout Window. Anda juga bisa mengatur letak form dengan mengklik tombol mouse kanan pada Form Layout WIndow. Pada menu yang muncul, Anda dapat menentukan pilihan sebagai berikut:
• Resolution Guides: menampilkan garis panduan resolusi layar.
• Startup Position: menentukan posisi form saat aplikasi dijalankan.
• Dockable: membuat Form Layout Window bersifat menempel pada jendela lainnya.
• Hide: menyembunyikan Form Layout Window.
1.9 Jendela Code
Jendela Code adalah salah satu jendela yang penting di dalm Visual Basic. Jendela ini berisi kode-kode program yang merupakan instruksi-instruksi untuk aplikasi Visual Basic Anda. Setiap objek pada Visual Basic dapat Anda tambahi dengan kode-kode program untuk melakukan tugas-tugas tertentu, misalnya menutup aplikasi, membatalkan perintah, dan sebagainya.
Pada saat Anda menjalankan Visual Basic, jendela ini tidak akan ditampilkan pada layar. Untuk menampilkannya, ada beberapa cara, yaitu:
• Pilih menu View>Code
• Klik ganda objek tertentu pada Form Window, atau
• Klik kanan pada komponen yang diinginkan, lalu pilih View Code

Disadur dari Buku Pemrograman Visual Basic 6; Penerbit : PT Elex Media Komputindo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar