Sabtu, 08 Mei 2010

Tips Belajar

Belajar dalam artian melakukan sesuatu atau hal yang baru adalah salah satu cara untuk menuju kesuksesan. Tetapi sebagian orang kadang-kadang terasa agak berat melakukannya. Mengapa demikian? Sifat malas. Ya.. malas merupakan salah satu virus manusia yang melekat pada diri manusia dan tidak akan penah musnah kecuali jika ada kemajuan tuk melawannya.

Jika kita mempunyai sifat malas untuk melakukan sesuatu yang sering kita lakukan, seperti mandi, sholat, belajar dan sebagainya, kita tidak akan bisa maju. Padahal hanya untuk melakukan sesuatu yang sering dilakukan sangatlah mudah, karena sering dilakukan. Bagaimana jika untuk melakukan hal yang baru, seperti belajar. Jika rasa malas masih melekat, mustahil bagi kita melakukannya.

Selain malas, ada pula penyebab lainnya, yaitu waktu. Waktu yang singkat dalam 1 hari (hanya 24 jam) dengan penuh berbagai jadwal kegiatan, membuat kita tak ada waktu senggang untuk belajar. Penyebab lainnya yaitu keterbatasan biaya. Kalau ini kayaknya udah gak ada lagi dijaman ini, karena buku bisa kita ambil dan baca dimana-mana.

Kali ini saya akan membahas tentang cara-cara yang enak dan mengasyikkan sewaktu belajar. Berikut tips-tipsnya :

  1. Bagi jadwal belajar dan bermain
    Jangan terlalu sering belajar, jika setiap jam kita belajar, kita akan merasa bosan dan cepat lelah. Ibarat sebuah komputer,, jika dipakai terlalu lama, komputer akan mudah panas dan rusak. Jadi komputer harus didinginkan sebentar.
    Saya kira cukup jika jadwal belajar 1/4 dari jadwal bermain.
  2. Jangan pernah putus asa

    Untuk melakukan sesuatu yang baru, terasa lebih berat ketimbang yang pernah dialami. Biasanya melakukan hal yang baru adalah selalu gagal. Jika gagal kita harus mengulangnya lagi dan mencari tahu “kenapa saya gagal”. Gagal bukanlah akhir dari segalanya, tapi ia bermakna saya telah mempelajari sesuatu (*kata mutiara di kelasku)
    Jadi kesimpulannya, gagal itu juga belajar. Gugur satu, tumbuh seribu!!

  3. Jangan malu bertanya
    Jika ada sesuatu yang kurang jelas apalagi tidak mengerti, segera tanyakan pada guru/orang tua. Pengalaman teman saya (*yang ranking 1) selalu aktif bertanya, walau tidak nyambung dengan pelajaran.
    Dengan ini kita akan terus mengingat jawabannya.
  4. Hilangkan rasa serakah ilmu

    Kalau ingin lebih mengingat jawaban pelajaran, kita harus membagi ilmu yang kita dapatkan kepada teman-teman kita. Jika teman menanyakan hal yang belum pernah kita dengar,, dengan senang hati kita mencarikan jawabannya. Untuk mencarinya pastilah sangat mudah, karena bisa kita cari di buku dan internet (*jaman sekarang gitu lho)
    Kita akan segera dikenal oleh masyarakat.

  5. Belajar dengan bercanda

    Ada baiknya jika belajar dengan teman-teman secara berkelompok, dengan diselangi dengan canda dan tawa menambah suasana belajar yang mengasyikkan. Apalagi jika belajar dan menghafal kata-kata yang susah, kita dapat memplesetkan kata itu menjadi kata yang mudah diingat.

  6. Berdo’a
    Kunci pertama untuk menuju kesuksesan, ialah memohon kepada Allah SWT dan disertai dengan usaha.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar